Resep Jajanan Tradisonal Kue Cucur Gula Merah

Resep Jajanan Tradisonal Kue Cucur Gula Merah – Makanan yang termasuk ke dalam kategori kue basah, kue tradisional sekaligus kue adat adalah kue cucur. Kue yang terbuat dari campuran tepung beras dengan rasa manis dari campuran larutan gula merah ini telah banyak dibuat untuk dijajakan oleh para pedagang yang menjajakan aneka kue basah termasuk kue cucur dalam sajian kuenya seperti yang sering kita temui dipinggiran jalanan ramai. Masuk ke dalam kategori kue basah karena memang kue ini tidak dapat bertahan hingga berhari-hari lamanya alias mudah basi meskipun dalam campuran bahannya tidak melibatkan santan. Selain sebagai jajanan kue tradisional ternyata kue cucur juga masuk ke dalam kategori kue adat karena memang warga betawi dalam acara-acara tertentu yang merupakan kegiatan adat warga betawi, mereka menghadirkan kue cucur sebagai suguhan atau jamuannya. Harga jual kue cucur tentu terbilang ekonomis dan ramah di kantong. Berkisar antara seribu hingga dua ribu saja per satu kuenya tergantung ukuran kue yang dipilih apakan ukuran besar atau kecil. Apabila anda hendak mengadakan acara di rumah dan ingin sekali menghadirkan kue cucur sebagai cemilan jamuannya, anda dapat mempersiapkannya dengan cara membuatnya seperti dalam resep jajanan tradisional kue cucur gula merah berikut ini.

Resep Jajanan Tradisonal Kue Cucur Gula Merah

Kue Cucur Gula Merah

Komposisi

  • Tepung beras ¼ kg, kualitas bagus
  • Tepung kanji 50 gr
  • Garam halus ¼ sendok teh
  • Gula merah ¼ kg
  • Air putih dan minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Jajanan Tradisional Kue Cucur Gula Merah Enak

  1. Terlebih dahulu sisir halus gula merah kemudian cairkan lalu saring dan tambahkan dengan ½ liter air. Aduk merata.
  2. Kemudian buat adonan kue cucurnya dengan cara menuangkan bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung beras serta garam ke dalam wadah adonan lalu mencampurkannya hingga merata.
  3. Tambahkan campuran bahan dalam wadah adonan dengan air gula tadi secara perlahan sambil diaduk-aduk hingga merata dan kalis. biarkan adonan dalam wadah selama kurang lebih 45 menit lamanya.
  4. Setelah itu, siapkan loyang bundar dengan beberapa cekungan, panaskan dan beri sedikit minyak lalu tuangkan adonan kue cucur sebanyak 1 sendok besar untuk masing-masing cekungannya. Biarkan matang dan biarkan posisinya seperti semula tanpa harus dibolak-balik. Angkat dan tiriskan jika sudah matang.

Untuk memeriksa apakah kue cucur yang dimasak sudah matang atau belum anda dapat menekan bagian tengahnya dengan menggunakan garpu atau tusuk gigi. Jiga sudah tidak terasa lengket berarti kue cucurnya sudah matang dan siap untuk diangkat. Nikmati kue cucurnya selagi hangat bersama segelas susu atau teh hangat.

Tag:

jajanan cucur,
loading...
Resep Jajanan Tradisonal Kue Cucur Gula Merah | reseputama.com | 4.5